6. PROMOSI


Promosi  kewirausahaan pemuda adalah kegiatan memberikan wadah dan sarana bagi wirausaha muda pemula untuk mempromosikan usahanya maupun produk usahanya.  Promosi bertujuan untuk memperkenalkan usaha dan produk usaha pemuda sehingga dapat memperluas pasar melalui antara lain:

•      temu usaha,

•      pameran produk di dalam dan luar negeri,

•      penyediaan sarana dan prasarana promosi produk, dan/atau

•      pengembangan pusat-pusat informasi produk

Bentuk-bentuk promosi sebagaimana dijelaskan di atas dapat diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, masyarakat, dan/atau oranisasi kepemudaan; atau dengan mengikutsertakan wirausaha pemuda pada even yang diselenggarakan oleh pihak lain.

 

Fasilitasi promosi dilaksanakan dengan memberikan wadah dan sarana bagi wirausaha muda pemula untuk mempromosikan usahanya maupun produk usahanya.  Fasilitasi promosi dilaksanakan oleh Pemerintah baik Pusat maupun Daerah tetapi juga melibatkan pemangku kepentingan yang lain seperti lembaga perguruan tinggi, dunia usaha maupun lembaga-lembaga dan asosiasi usaha dan kepemudaan.  Fasilitasi promosi ini diselenggarakan dengan mengadakan berbagai even atau kegiatan yang dapat menjadi wadah dan tempat bagi para wirausaha pemula untuk memperkenalkan produknya.  Fasilitasi promosi ini harus terus digalakkan dengan menyelenggarakan berbagai even dan kegiatan yang menjadi agenda rutin untuk memperluas kesempatan bagi para wirausaha pemula untuk ikut berpartisdipasi dan merasakan manfaat darinya.

Langkah-langkah strategis yang akan dikembangkan dalam fasilitasi promosi kewirausahaan pemuda kedepan, diantaranya:

-       penyelenggaraan program fasilitasi promosi wirausaha muda pemula merupakan agenda rutin dan berjenjang

-       rekruitmen atau seleksi wirausaha muda pemula yang akan mengikuti fasilitasi promosi dilaksanakan dengan mengedepankan transparansi dan profesionalisme

-       peserta fasilitasi promosi adalah wirausaha muda binaan inkubator bisnis dan atau Kementerian Pemuda dan Olah Raga